tanah dijual murah

Mengecek Legalitas Tanah


Nama Panggilan :
Alamat Email :

Membeli tanah untuk di develop menjadi rumah untuk dijual kembali/bisnis minideveloper merupakan langkah awal yang sangat krusial. Salah beli berarti awal dari proyek macet. Istilah kerennya legalitas lahannya. Legalitas lahan berdasarkan obyeknya. Selain berdasarkan obyeknya, ada lagi legalitas  sertipikatnya.

Langkah ini selalu saya gunakan untuk melakukan ceking awal sebelum membeli tanah. Pointnya adalah menyamakan posisi lahan yang ditunjukkan pemilik lahan dengan sertipikat yang ada. Kalau posisinya sudah sama, berarti langkah awal yang baik, 50% clear. Tinggal legalitas sertipikatnya, bahasa lainnya pengecekan sertipikat. Kalau notaris kalau mau cepet biasanya ada istilah Cek Intip. Hehehe. Apa itu pengecekan sertipikat, yaitu mencocokkan sertipikat yang ada dengan arsip sertipikat yang ada di BPN. Kalau di arsip BPN ada, maka sertipikat itu ASLI.

Kalau 2 hal ini sudah terpenuhi, 99% lahan secara legalitas sudah clear. Kok 99%? Lha iya lah.. 1% itu kemungkinan untuk munculnya sertipikat ganda, atau claim dari orang lain.

tanah dijual murah

Lalu, bagaimana cara mengecek legalitas lahan berdasarkan obyeknya?

ada 2 hal yang perlu dicermati yaitu :

1. Pastikan arah dari obyek di lapangan sama dengan di sertipikat, mudahnya.. posisi utara lahannya. Gimana ngeceknya?… di sertipikat pada lembar surat ukur ada peta lahan dan arah utaranya. Posisikan sesuai dengan arah tanahnya, gunakan bantuan kompas. Kalau sama, aman. Kalau beda, Warning!!!!!

2. Posisi tanah di lapangan sama dengan posisi di sertipikat.

Ini berarti berhubungan dengan koordinat lokasi. Koordinat bisa kita peroleh dengan bantuan GPS. Ngak perlu repot beli Gps, hampir semua smartphone punya GPS. Bisa dimanfaatkan, salah satunya dengan bantuan aplikasi AndroiTS GPS test.

Setelah kordinat di dapat, bisa di cocok kan dengan kordinat yg ada di sertipikat pada lembar surat ukur ada info : PETA, NO PETA PENDAFTARAN, LEMBAR dan KOTAK. pada beberapa sertipikat ada informasi kordinatnya.

yang paling simple adalah membawa kordinat yg kita peroleh di lapangan ke BPN untuk minta di cocok kan.

semoga bermanfaat

Jhon Palapa

Silahkan Bagikan Ke:

Gabung Belajar Bisnis Properti
,
Yuk Belajar Bisnis Properti bersama kami melalui Email - Gunakan email istimewa Anda !!

Nama Panggilan:

Alamat Email:


Segera cek email baik inbox maupun spam, bila masuk spam klik No Spam


Tinggalkan Balasan