youtube-properti

SEO pada YouTube untuk Pemasaran Properti


Nama Panggilan :
Alamat Email :

 

youtube-properti
YouTube adalah situs berbagi video yang sangat populer saat ini. Konon, pengunjungnya sudah melampaui pemain utama internet lainnya seperti Yahoo dan Facebook.

Pengguna YouTube saat ini sudah lebih dari satu Milyar orang, itu berarti sepertiga pengguna internet di dunia menonton YouTube. Dari sisi hits tiap hari doi hanya kalah dari induk semangnya, Google.

Setiap hari video di YouTube ditonton orang selama ratusan juta jam dengan jumlah video Milyaran, bisa dibayangkan kepopuleran YouTube di jagad maya.

Saat ini jumlah penonton YouTube naik empat puluh persen setiap hari. Di Indonesia, pertumbuhan penonton YouTube menurut data di tahun 2015 mencapai 600% tiap tahun!, paling tinggi di Asia Pasifik.

Rasanya sangat rugilah kalau Anda tidak memanfaatkan YouTube untuk kepentingan apapun, terutama untuk kepentingan bisnis.

Sebagai pebisnis properti, memanfaatkan YouTube untuk pemasaran produk memberikan impact yang luar biasa, karena menjual lewat media video lebih memberikan pesan visual yang lebih mengena ke konsumen.

Kata para pakar bahwa semenit video bernilai jutaan kata. Apalagi kalau kita membuat satu jam video yang layak ditonton, bernilai puluhan juta kata Pastinya.

Tapi, karena banyaknya pengguna YouTube yang meng-unggah video setiap hari, YouTube sudah seperti hutan belantara yang sangat luas dan crowded. Orang akan sulit menemukan video kita jika kita tidak melakukan optimasi.

Ya, sebelas dua belas dengan website dengan konten tertulis, untuk memperoleh memanfaat dari YouTubepun harus dilakukan upaya  Search Engine Optimization atau SEO. Upaya SEO diperlukan supaya video kita mudah ditemukan oleh target konsumen. Karena sebagus apapun video kita, tidak akan ada artinya jika tidak ada ditonton orang.

Salah satu kunci sukses video supaya banyak ditonton orang adalah bagaimana menempatkan video di hasil pencarian Google, sebelum di halaman pencarian YouTube sendiri.

Karena Google sebagai bossnya YouTube secara nepotisme menempatkan beberapa hasil pencarian dalam bentuk video dari YouTube. Begini penampakannya:

Hasil pencarian yang dikotakin merah adalah Search Resultnya Google yang mencantumkan hasil pencarian YouTube, padahal kita mencari di Google, bukan di YouTube. Begitulah bentuk support Google kepada YouTube.

 

Panduan SEO Untuk YouTube.

Secara umum dipahami bahwa ada 2 aspek SEO yang mempengaruhi posisi suatu website di Search Engine Result Page atau SERP, pun begitu dengan SEO untuk YouTube, hanya saja berbeda dalam penempatan masing-masing aspek tersebut.

Kedua aspek itu adalah On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Untuk website, On-Page SEO berhubungan dengan struktur yang membangun website, termasuk di dalamnya konten atau artikel, penempatan kata kunci, disain gambar dan penempatan yang SEO friendly, tags dan lain-lain.

Sementara di YouTube, SEO On-Page dijabarkan dalam bentuk pemberian judul, deskripsi, tags dan penamaan video. Selanjutnya akan dibahas di bawah.

Untuk SEO Off-Page YouTube, yang berpengaruh adalah berapa banyak kita membagikan link video kita di website lain, apakah itu dibagikan di sosial media, blog orang lain dan lain-lain.

Keuntungan didapat hanya jika ada orang yang menonton video kita, yaitu menambah durasi tayang, tidak karena backlink, karena algoritma YouTube tidak mengenal backlink seperti SEO untuk website.

 

Berikut tips agar video YouTube kita banyak ditonton dan mendapat rangking bagus di YouTube search page.

 

Buatlah Konten Video yang Menarik dan Bermanfaat.

Tidak beda dengan website atau blog, konten tetap memegang peranan penting untuk menarik minat orang menonton video kita. Content is The King!. silahkan simak disini https://www.youtube.com

Jika kita mengiklankan properti melalui video YouTube, maka buatlah video yang enak ditonton dan dengan kualitas gambar yang bagus, jika memungkinkan buat video animasi tentang proyek sehingga pesan visual yang diinginkan sampai dengan telak ke konsumen. Orang yang merasa bahwa konten video bermanfaat, maka mereka akan tertarik untuk menonton lagi dan dengan sukarela membagikan kepada orang lain.

Penonton akan mengekspresikan pendapatnya dengan memberikan komentar, suka atau subscribe. Jika ini terjadi video Anda akan memperoleh nilai sangat bagus di mata robot YouTube.

 

Buatlah Video Dengan Durasi Lebih Lama.

Semakin lama durasi video, semakin lama orang menonton video kita dan semakin bagus algoritma YouTube memeringkat video kita.

Sehingga video kita akan berada di hasil pencarian teratas pada saat orang mencari video dengan kata kunci yang kita bidik. Durasi video minimal sebaiknya 5 menit dan maksimal terserah Anda.

Dari statistik video yang tampil di hasil pencarian YouTube, video dengan durasi sekitar 1 jam berposisi lebih bagus. Nah dengan kondisi ini, sebaiknya Anda bikin video dengan durasi lebih kurang satu jam. Memang tergantung keyword juga sih, seberapa sengit persaingan di keyword itu. Intinya jangan buat video asal jadi.

Prinsipnya semakin lama durasi video, semakin lama waktu tayang semakin suka YouTube terhadap sebuah video.

Kira-kira begini prinsip perangkingan oleh YouTube:

Dari gambar di atas dapat dilihat, dengan membuat konten yang bermutu video kita akan banyak ditonton orang, kemudian banyak di-share atau direkomendasikan kepada orang lain dan semakin bagus rankingnya di result page.

Traffic untuk website akan didapatkan jika kita membuat pesan yang jelas terhadap keberadaan website utama kita. Pesan tersebut bisa disisipkan di konten video atau dengan memberikan pesan secara tersirat saja.

Lainnya, YouTube memperhitungkan hal-hal sebagai berikut:

  • Banyaknya orang berkomentar terhadap video kita di kolom comments. Semakin banyak yang memberikan komentar YouTube membaca bahwa video kita bagus dan bermanfaat untuk pengunjung mereka dan mengganjar dengan posisi yang semakin baik di hasil pencarian.
  • Banyaknya orang memberikan ‘Like’.
  • Banyaknya video kita dibagikan di sosial media oleh orang lain. Jadi yang membagikan video adalah penonton, karena mereka merasa teman-temannya juga harus menonton video Anda. Tentu saja mereka dengan senang hati membagikan jika mereka merasa suatu video sangat bermanfaat. YouTubepun punya alur berfikir seperti itu.
  • Banyaknya video kita dibagikan di website lain.
  • Tak kalah penting, YouTube juga memperhitungkan banyaknya orang yang men-subscribe terhadap channel kita.

 

Berikan Nama Video Anda yang Mengandung Kata Kunci.

Bagaimanapun YouTube tetaplah sebuat mesin, doi tidak bisa melihat isi video, atau suara video yang kita upload.

Dia hanya meng-index kata-kata atau label yang kita tulis, baik sebagai nama video, judul video, tags ataupun sebagai deskripsi. Nama video disetting sebelum video di-upload.

Panduan Memberi Nama Video.

Jika Anda membuat video dengan kamera atau dengan kamera smart phone, maka nama video secara default hanya berupa kata-kata tanpa makna, seperti ini https://www.youtube.com/watch?v=WRfPmPGQgjA

Nah sebelum diupload ubahlah nama video dengan kata kunci bidikan, gampang sekali.

Buatlah Judul Video yang Menarik.

Berbeda dengan nama video, judul video dimasukkan pada saat kita meng-upload video. Dalam judul video harus mengandung kata kunci yang dibidik.

Jika video Anda tentang memasarkan perumahan di Depok, maka berilah judul video yang mengandung kata ‘Perumahan murah dijual di Depok’ atau kata kunci lainnya yang membuat orang tertarik. Tapi jangan lupa kalimat yang terbentuk harus bagus dan terstruktur tidak asal mencantumkan keyword.

 

Buatlah Deskripsi Video dengan Baik, Jangan Asal Jadi.

Fungsi deskripsi di mata YouTube sama dengan fungsi artikel pada website dengan konten tulisan.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa bagaimanapun canggihnya algoritmanya, yang bernama YouTube tetaplah sebuah mesin, robot.

Deskripsi ditulis sebaiknya minimal 250 kata dimana dalam deskripsi tersebut mengandung kata kunci bidikan 2 atau 3 saja.

Jangan lakukan spam kata kunci atau memasukkan kata kunci tanpa logika dan menempatkan banyak kata kunci berulang-ulang atau keyword stuffing, Don’t Do This!. YouTube tidak menyukai ini, Anda akan dicap sebagai spammer, video Anda akan dicuekin.

Kata kunci diletakkan pada awal kalimat paragraf pertama dan di akhir deskripsi. Jika memasukkan tiga kata kunci, letakkan di tengah-tengah deskripsi satu kata kunci.

Deskripsi harus original atau bukan duplicate content. Gunakan sinonim kata sebanyak mungkin.

 

Buatlah Thumbnail Video Anda Semenarik Mungkin.

Sebenarnya, sebuah thumbnail tidak berpengaruh terhadap perangkingan YouTube, dia hanya diperlukan untuk menarik minat penonton membuka video kita, karena yang muncul di layar awal video YouTube sebelum video diklik adalah thumbnail.

Gambar yang tampil sebelum video dimainkan adalah thumbnail. Tentu Anda akan tertarik menonton video dengan gambar thumbnail yang menarik bukan?, apalagi dibarengi oleh judul yang membuat penasaran.

 

Posting Link Video Anda di Sosial Media.

Untuk memposting video di sosial media dapat dengan mudah dilakukan secara langsung, seperti di Facebook, Twitter, Google+ dan lain-lain. Akan lebih mudah jika Anda meng-sync-kan akun YouTube Anda ke akun masing-masing sosial media.

 

Buatlah Channel Anda Semenarik Mungkin.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk membuat channel Anda menarik:

  • Buatlah gambar dari Channel Anda yang sesuai dengan bisnis Anda.
  • Buatlah deskripsi Channel dengan kata-kata menarik yang mengandung banyak sinonim kata.

 

Buatlah Playlist Video Anda.

 

Playlist video bisa dibuat di halaman My Channel adanya di tab Pengelola Video. Nanti ada panduan untuk membuat playlist. Playlist berguna untuk memberikan sugesti kepada penonton tentang video anda lainnya, yang memiliki tema yang relevan.

 

Posting Link Video Anda di Beberapa Media Lain.

  • PBN atau Private Blog Network. Jaringan blog yang Anda punya.
  • Membuat blog di Blogspot dan WordPress atau penyedia pembuatan blog gratisan lainnya dan memposting video di sana.
  • Comment di blog orang lain dan menyertakan link video sebagai signature.
  • Posting link video di forum-forum yang Anda ikuti, sebaiknya forum dengan tema yang sama dengan konten video.
  • Posting juga link video Anda di website jual beli properti.

 

Jangan Lupa, Cantumkan Call to Acation

Call to action bisa dibuat dengan memasukkan Anotasi. Secara sederhana dapat dipahami bahwa anotasi adalah kata-kata yang muncul ketika video diputar. Anda bisa mencantumkan nomor telopon yang bisa dihubungi, nama website dan lain-lain.

Tampilkan Link Website Utama Anda Pada Kalimat Awal Deskripsi.

Ini diperlukan untuk memberikan pesan yang jelas kepada audience bahwa ada website utama Anda selain konten yang ada dalam video.

Jika audience terkesan dengan video yang mereka tonton, maka mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang konten video.

Apalagi pesan yang ada dalam video jelas, bahwa ada sesuatu yang sedang ditawarkan, dan selengkapnya ada dalam link yang dicantumkan dalam deskripsi.

Hasil yang didapat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tidak instan, melalui proses, karena ada jutaan video yang diunggah setiap hari dan ada Milyaran video yang ada di server YouTube.

Lakukan SEO YouTube ini dengan konsisten dan video Anda akan menempati posisi yang lebih baik daripada video yang tidak dioptimasi.

Lets Berbroadcast Your Business …!

Silahkan Bagikan Ke:

Gabung Belajar Bisnis Properti
,
Yuk Belajar Bisnis Properti bersama kami melalui Email - Gunakan email istimewa Anda !!

Nama Panggilan:

Alamat Email:


Segera cek email baik inbox maupun spam, bila masuk spam klik No Spam


Related Posts

Tinggalkan Balasan